Dandim 0420/Sarko : Masyarakat Masih Banyak Tidak Mematuhi Protokol Kesehatan Jaga Sinergitas TNI – Polri Gowes Bersama Menyapa Warga Danrem Gapu Hadiri Penandatangan Pakta Integritas dan Gakkum Penerapan Prokes Pada Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Jambi Ketua Persit KCK Koorcabrem 042 Dukung Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Gebrak Masker Danrem Bersama Kapolda Jambi Bagikan Masker untuk Warga Pesisir Pantai

Home / Berita Korem / Yonif 142

Jumat, 7 Februari 2020 - 02:11 WIB

Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Beri Pelatihan Pembuatan Keripik Tomat ke Warga Lahurus

Belu, korem042gapu.mil.id – Personel Pos Mahen Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ bersama Credit Union (CU) Kasih Sejahtera Kantor Pelayanan (KP) Kabupaten Belu melaksanakan peran aktif dalam meningkatkan perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui pelatihan pembuatan keripik tomat kepada Desa Fatulotu Kecamatan Lasiolat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Selain melaksanakan tugas pokok menjaga keamanan wilayah perbatasan Indonesia, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ juga melaksanakan tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) dengan berkoordinasi dan bekerjasama bersama Satuan Komando Kewilayahan, Instansi Pemerintah dan Perusahaan Swasta setempat.

Tugas Binter Satnonkowil Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ salah satunya dilaksanakan oleh personel Pos Mahen melalui Bina Usaha bersama warga masyarakat setempat dan Instansi terkait guna mendukung program-program pembangunan Pemerintah Pusat maupun Daerah.

“Mendukung program Bina Usaha Sejahtera dalam pelatihan pembuatan keripik tomat lahurus bersama Credit Union (CU) merupakan salah satu wujud tugas Binter Satnonkowil yang kami laksanakan di daerah penugasan guna meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

“Kegiatan pelatihan pembuatan keripik tomat lahurus bersama Credit Union (CU) Kasih Sejahtera ini dipimpin langsung oleh Serka Andrie Gunawan selaku Danpos Mahen bersama 5 orang personelnya serta Tim dari Credit Union (CU) Kantor Pelayanan Kabupaten Belu,” papar Dansatgas.

Baca juga :  Danrem 042/Gapu : Pertahankan Sinergitas TNI - Polri Demi Menjaga Keutuhan NKRI

“Kegiatan pelatihan pembuatan keripik bersama Credit Union (CU) dan masyarakat Desa Fatulotu ini bertujuan untuk membantu warga khususnya kaum ibu di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste agar dapat mengolah bahan hasil kebun berupa tomat lahurus menjadi makanan khas daerah Desa Fatulotu,” jelas Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

Terselenggaranya kegiatan pelatihan bersama Credit Union (CU) Kasih Sejahtera dan kaum Ibu dalam pembuatan kripik tomat lahurus tersebut karena tingginya minat dan keinginan mereka dalam merubah kondisi perekonomian saat ini.

“Kami berharap dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, kiranya dapat menambah wawasan pengetahuan saudara-saudara kita tentang manfaat hasil perkebunan agar dapat dibuat menjadi makanan ringan yang memiliki nilai jual sehingga dapat didistribusikan guna meningkatkan perekonomian warga,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (6/2/2020).

Tidak hanya melaksanakan pelatihan pembuatan keripik tomat lahurus, personel Pos Mahen bersama Tim Credit Union (CU) juga memberikan pengetahuan tentang hasil perkebunan apa saja yang dapat diolah oleh warga Dusun Lahurus Desa Fatulotu Kecamatan Lasiolat sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pelatihan pembuatan keripik ini bertujuan agar ibu-ibu warga Lahurus lebih aktif dan kreatif lagi.

Baca juga :  Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Bantu Perekonomian Warga Perbatasan Melalui Pelatihan Pembuatan Es Krim

Sementara itu, Bapak Mus Naihati (38) selaku Pimpinan Credit Union (CU) Lasiolat Kabupaten Belu mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin bersama personel Pos Mahen sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Terima kasih banyak kami ucapkan kepada bapak-bapak TNI dari Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Mahen yang telah peduli dan bersedia memberikan pelatihan kepada kami tentang pengolahan tomat lahurus hingga menjadi makanan ringan dalam bentuk keripik,” ucapnya.

“Saya juga berharap agar makanan ringan olahan yang kita buat ini nantinya akan dapat kita pasarkan dan menjadi buah tangan khas dari lahurus,” lanjut Bapak Mus Naihati.

Di tempat yang sama, Serka Andrie Gunawan selaku Danpos Mahen menyampaikan tanggapannya atas kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan bersama kaum Ibu dan Tim Credit Union (CU) Lasiolat Kabupaten Belu.

“Kami juga berterima kasih kepada ibu-ibu warga Dusun Lahurus yang sangat antusias untuk mengikuti pelatihan pembuatan keripik ini, selain untuk memperluas pengetahuan kita tentang makanan olahan, diharapkan juga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan sehingga kaum ibu lebih aktif dan kreatif dalam menekuninya,” tandas Serka Andrie Gunawan. (penremgapu)

 

Share :

Baca Juga

Yonif 142

Bapak Kasad Pertemukan Anggota Satgas Yonif Raider 142/KJ Dengan Keluarganya Melalui Program Live Event INews TV

Berita Korem

Sambut Hari Juang Kartika, Korem 042 Gapu Bersihkan Tugu Juang

Yonif 142

Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bekerjasama Dengan SMP Negeri Silawan Gelar Bakti Sosial Khitanan Massal

Berita Korem

Sambut HUT Ke-75 TNI, Danrem 042 Gapu Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di TMP Satria Bhakti

Berita Korem

Sambut HUT ke-74 Kodam II/Swj, Korem 042/Gapu Pasang Spanduk

Yonif 142

Reaksi Cepat Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ, Bantu Pam Penanganan Tumbangnya Tiang Listrik Akibat Bencana

Yonif 142

Ditengah Wabah Corona, Satgas Yonif R 142 Lakukan Fogging Untuk Mencegah Demam Berdarah

Berita Korem

Danrem 042/Gapu : Upacara Gabungan TNI – Polri untuk Memperkuat Sinergitas