oleh

Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Perbaiki Posyandu Bersama Warga

-Yonif 142-446 views

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Dalam Rangka mendukung kegiatan Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) di perbatasan Indonesia – Timor Leste, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ bersama masyarakat membersihkan dan memperbaiki sarana umum yang berada di Desa Lakmaras Kecamatan Lamaknen Selatan Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut dikatakan Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M melalui Rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Minggu (23/2/20).

Lebih lanjut Letkol Inf Ikhsanudin mengatakan bahwa Tugas Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ menjaga wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste di Nusa Tenggara Timur tercantum dalam Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 menjelaskan tentang tugas TNI dalam pengamanan wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ juga melaksanakan tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan melalui koordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan setempat dan Instansi terkait guna mendukung setiap langkah Pemerintah dalam membantu mengatasi permasalahan sosial masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, ujarnya.

Kegiatan ini bermula pada saat personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ yang berada di Pos Lakmars memberikan pendampingan pada kegiatan Posyandu yang dilaksanakan sebulan sekali, melalui perbincangan dengan Kepala Dusun dan pihak Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) maka disepakati untuk membersihkan dan memperbaiki bangunan Posyandu yang berada di Dusun Lakmaras secara bergotong-royong, ungkapnya.

Posyandu merupakan pusat kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu serta dibimbing oleh petugas kesehatan setempat.

Tujuan diselenggarakannya Posyandu antara lain untuk menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (AKI) khususnya bagi ibu hamil, melahirkan dan nifas ,membudayakan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS), dapat meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera serta berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.

Kegiatan pokok dan manfaat pelaksanaan Posyandu antara lain memberikan layanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), Imunisasi, peningkatan gizi serta penanggulangan diare.

Sehingga dalam pertemuan bersama tersebut, disepakai bahwa personel kami yang berada di Pos Lakmars bersama seluruh lapisan masyarakat Dusun Lakmaras secara bersama-sama akan melaksanakan kegiatan gotong-royong berupa pembersihan dan memperbaiki bangunan Posyandu yang ada di Desa Lakmaras, dengan harapan akan berdampak positif pada kegiatan Posyandu selanjutnya.

“Kegiatan yang dilakukan oleh personel kami di Pos Lakmars merupakan bagian dari wujud kepedulian prajurit TNI di daerah penugasan, mereka selalu memantau kondisi masyarakat yang ada di sekitarnya melalui pengecekkan, pengawasan dan pendataan demi menjamin kondisi dan situasi kesehatan warga yang ada di sekitarnya,” terangnya.

“Hal ini kami lakukan untuk memotivasi semangat dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlunya kesehatan diri dan lingkungan bagi kita,” tegas Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

Pembersihan dan perbaikan bangunan Posyandu di Desa Lakmaras dipimpin langsung oleh Letda Inf Afrilius selaku Danpos Lakmars bersama 6 orang personelnya serta 15 orang warga Desa Lakmaras.

Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, kami berharap dapat mempererat hubungan tali silaturahmi yang telah terjalin dengan sangat baik selama ini, sehingga akan terwujud kemanunggalan TNI-Rakyat yang kokoh di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste.

“Saya selalu berpesan kepada setiap personel kami di sepanjang sektor timur garis perbatasan Indonesia – Timor Leste, agar keberadaan mereka di tengah-tengah lingkungan masyarakat dapat menjadi solusi, memberikan manfaat dan berdampak positif bagi warga di sekitarnya, khususnya menjadi pelopor untuk mengatasi kesulitan rakyat di daerah penugasan,” imbuh Ikhsanudin.

Sementara itu, Bapak Paulus (52) selaku Kepala Dusun Lakmaras menyampaikan tanggapannya atas pelaksanaan kegiatan gotong-royong pembersihan dan perbaikan bangunan Posyandu bersama personel Pos Lakmaras.

Kami selaku masyarakat yang berada di wilayah perbatasan, merasa sangat senang terhadap kepedulian bapak tentara yang telah memberikan motivasi dan semangat buat kami, khususnya menyangkut kebersihan dan kesehatan di dearah ini.

“Dan kami tidak akan pernah lupa akan bantuan bapak tentara, semoga bapak tentara selalu sehat dalam melaksanakan tugas,” ucap Paulus dengan bangga.

Di tempat yang sama, Letda Inf Afrilius selaku Danpos Lakmars mengungkapkan tanggapannya atas kegiatan gotong-royong pembersihan dan perbaikan bangunan Posyandu bersama warga Dusun Lakmaras.

Kami merasa bangga dapat ikut serta dalam membantu masyarakat di wilayah sekitar Pos Lakmars, semoga apa yang kita lakukan bersama, akan besar manfaatnya bagi Dusun Lakmaras.

“Mari kita bersama-sama menjaga, merawat dan memilihara bangunan gedung Posyandu ini,” pungkas Letda Inf Afrilius tersenyum.(pen042)

Komentar

Berita Terkait