Ketua Persit KCK Koorcabrem 042 Dukung Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Gebrak Masker Danrem Bersama Kapolda Jambi Bagikan Masker untuk Warga Pesisir Pantai Kunjungi Polsek Muara Tembesi, Pangdam Berpesan Unsur Tripika Tetap Netral Hadapi Pilkada Serentak  Kunjungi Yonif Raider 142/KJ, Ini Pesan Pangdam II Sriwijaya Pangdam Sriwijaya Apresiasi Kapolda Jambi Dalam Antisipasi Karhutla Melalui Aplikasi Asap Digital

Home / Yonif 142

Minggu, 8 Maret 2020 - 19:28 WIB

Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bekerjasama Dengan SMP Negeri Silawan Gelar Bakti Sosial Khitanan Massal

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Rasa kepedulian TNI terhadap kesehatan generasi penerus Bangsa yang ada di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ bekerjasama dengan SMP Negeri Silawan gelar Bakti Sosial kesehatan khitanan massal di Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, NTT, Minggu (8/3/2020).

“Bakti Sosial merupakan salah satu wujud kegiatan dengan mengutamakan rasa kemanusiaan antar sesama manusia, kami dalam hal ini Satgas Pamtas Yonif Raider 142/kj telah mewujudkannya melalui kerjasama dengan SMP Negeri Silawan untuk membantu meringankan beban bagi masyarakat melaksanakan Khitanan,”ujar Dansatgas.

“Terkumpul 38 orang data anak-anak yang mengikuti kegiatan khitanan massal dan ini merupakan hasil dari tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan Satgas berupa kegiatan anjangsana yang dilakukan oleh Pos Silawan untuk mensosialisasikan kegiatan khitanan massal gratis kepada seluruh masyarakat yang berada di sekitar pos,” ujarnya.

Baca juga :  Peduli Kesehatan Lingkungan, Satgas Yonif R 142/KJ Bangun  MCK di Desa Asumanu

“Alhamdulillah kegiatan khitanan massal ini mendapat dukungan dari pihak sekolah, InsyaAllah dengan bekerjasama dan izin Nya bisa berjalan dengan lancar,” ungkap Dansatgas.

Dirinya berharap, semoga kegiatan tersebut dapat mempererat tali silaturahmi guna memperkokoh kemanunggalan TNI bersama rakyat di perbatasan RI-RDTL.

Sementara itu, Letda Ckm dr. Diggivio , Dokter Kesehatan Satgas menjelaskan bahwa manfaat khitan sangat baik untuk kesehatan karena dapat mencegah Infeksi Menular Seksual (IMS) termasuk HIV dan Khitan juga berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik, khususnya yang berkaitan dengan kotoran air seni atau air kencing,” tuturnya.

Baca juga :  Meriahkan Nataru 2020, Anggota Pos Nunura Satgas Yonif Raider 142/KJ Gelar Baksos di Desa Tohe

Selain itu, juga lebih banyak menjangkau kaum dhuafa atau masyarakat tidak mampu. Sebab, biaya untuk khitan memerlukan biaya yang cukup mahal.

“Baksos ini dapat menjangkau masyarakat yang kurang mampu karena kalau sunat di tempat luar, tentunya biayanya sangat mahal,”pungkasnya.

Di tempat yang sama, Oliver (14) salah satu siswa kelas VIII SMPN Silawan yang mengikuti kegiatan Bakti Sosial kesehatan berupa khitanan massal tersebut mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya personel Pos Silawan.

“Terima kasih banyak bapak TNI yang telah memberikan bantuan berupa sunat gratis kepada saya, saya sangat senang dan terbantu sekali,” tandasnya.(penremgapu)

Share :

Baca Juga

Yonif 142

Putus Mata Rantai Virus Corona, Satgas Pamtas Yonif R 142 Bersama Stakeholder Semprotkan Disinspektan di Kota Atambua

Yonif 142

Pangdam Sriwijaya Sambut Pasukan Yonif Raider 142 Pulang dari Pamtas RI – RDTL Sektor Timur

Yonif 142

TNI Mengajar, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Beri Pendidikan Bela Negara di Tapal Batas

Yonif 142

Bersatu Cegah Covid -19, Satgas Pamtas Yonif 142 Hadiri Pembentukan Gugus Posko Siaga Tingkat Kecamatan

Yonif 142

Meriahkan Nataru 2020, Anggota Pos Nunura Satgas Yonif Raider 142/KJ Gelar Baksos di Desa Tohe

Yonif 142

Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Perbaiki Posyandu Bersama Warga

Yonif 142

Mengawali Masuk Sekolah, Anak-anak SD Katholik Dafala Mendapat Motivasi Belajar dari Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ

Yonif 142

Pos Asulait Satgas Yonif Raider 142, Rutin berikan Layanan Kesehatan Masyarakat di Perbatasan