oleh

Satgas Yonif R 142/KJ Dukung Akreditasi Puskesmas Terpadu di Perbatasan

-Yonif 142-73 views

BELU. korem042.mil.id – Personel Pos Dafala Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ menghadiri undangan dari Puskesmas Wedomu dalam rangka kunjungan peningkatan mutu dan pelayanan di Desa Wedomu Kec. Tasifeto Timur Kab. Belu NTT.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud partisipasi kami dalam mendukung mewujudkan kesehatan masyarakat terpadu Kemenkes Pusat dalam mensurvei Pukesmas Wedomu yang ada di wilayah perbatasan,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

“Pelaksanaan survei akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama ini dilaksanaakan selama 3 hari,” paparnya.

Pada kegiatan ini, personel Pos Dafala dipimpin langsung oleh Sertu Ariantoni yang memiliki kualifikasi dibidang kesehatan bersama 4 orang personel lainnya untuk menghadiri undangan dari Kepala Puskesmas Wedomu.

“Diharapkan dengan terjalinnya silaturahmi yang baik antara Instansi Puskesmas Wedomu dan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 142/KJ, sehingga dapat bekerjasama dalam menciptakan kesehatan masyarakat yang terpadu,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (10/12/2019).

Selain itu, pada kegiatan ini juga diberikan bimbingan kepada tenaga kesehatan tingkat pertama yaitu perawat, bidan serta kader-kader Posyandu yang berperan dalam mendukung setiap kegiatan Puskesmas Wedomu.

Pada kesempatan yang sama, Bpk. Rusli, S.Km.,M.Epid (48) selaku anggota tim dari Kemenkes Pusat menyampaikan kedatangan mereka disana untuk melihat sekaligus melakukan pengecekan terhadap Puskesmas di tapal batas.

“Kedatangan kami dalam rangka pengecekan, sehingga diharapkan sarana dan prasarana dapat memberikan pelayanan terbaik untuk warga masyarakat di perbatasan,” ungkapnya.

Dokter Murniati, M.Kes (34) selaku Ketua di bidang administrasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Kupang menanyakan apakah pelayanan puskesmas ini hanya dilaksanakan didalam gedung.

Pada saat sesi pertanyaan dan saran, Sertu Ariantoni selaku personel kesehatan Pos Dafala menyampaikan kepada tim survei bahwa dalam 2 bulan terakhir ini antara pihak kesehatan TNI dan Puskesmas Wedomu telah bekerjasama dan saling berkontribusi dalam melaksanakan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pengecekan laboratorium, unit pelayanan gigi, unit pelayanan posyandu dan unit pelayanan ruang rawat inap.

Bpk Rusli, S.Km.,M.Epid juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Satgas Yonif R 142/KJ yang telah berkontribusi dalam membantu kesehatan masyarakat bersama Puskesmas Wedomu.

Sementara itu, Kapten Inf Nurmansyah selaku Danpos Dafala mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini bersama Puskesmas Wedomu.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan Puskesmas Wedomu selama ini di bidang kesehatan, karena menjaga kesehatan masyarakat di tapal batas adalah tanggung jawab kita bersama, sehingha diperlukan perhatian khusus agar kesehatan masyarakat Indonesia khususnya kesehatan masyarakat di wilayah perbatasan,” ungkapnya

“Mari sama-sama kita wujudkan Indonesia sehat Indonesia maju dengan masyarakat yang sehat,” tandasnya.(142/Penremgapu)

Komentar

Berita Terkait