LIVE TV
Brigjen TNI Zamroni : Menjadi Pemimpin Itu Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Bupati Tanjab Barat dan Batanghari Di Rumdis Gubernur Jambi Tindak Lanjuti Arahan Presiden Jokowi, Danrem Bersama Kapolda Jambi hadiri Rakor Pencegahan Karhutla Korem 042/Gapu Gelar Pembinaan Zona Integritas Vaksinasi Tahap Dua, Danrem Brigjen TNI M. Zulkifli : “Lebih Enak, Tidak Terasa Apa – Apa”

Home / Yonif 142

Minggu, 10 November 2019 - 11:56 WIB

Satgas Yonif R 142/Kj Gagalkan Upaya Penyelundupan Tembakau Keluar Negeri

Korem042gapu.mil.id – BELU – Dalam membuktikan keseriusan untuk menggagalkan segala bentuk upaya penyelundupan barang-barang illegal, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ berhasil mengamankan 43 dus tembakau merk “Shag” tanpa dokumen resmi di Dusun Fatukmetan Desa Kenebibi Kec. Kakuluk Mesak Kab. Belu NTT.

Hal ini di sampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M. di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Atambua NTT (10/11/2019).

“Penggagalan penyelundupan ini sendiri diawali dari informasi warga masyarakat tentang adanya 43 dus tembakau tanpa dilengkapi dokumen resmi yang dibawa dari Atambua menuju Atapupu dan akan diselundupkan ke Negara Timor Leste melalui jalur laut,” ungkap Dansatgas.

Mendapatkan informasi tersebut, atas petunjuk Dansatgas Yonif Raider 142/KJ, Lettu Inf Mairi Hendra selaku Pasi Intel memerintahkan Sertu Agung Franata selaku Danru Provost bersama 6 orang personel dari Pos Motaain untuk memastikan informasi tersebut dan melakukan pencegahan.

“Setelah diadakan penyelidikan, Sertu Agung Franata melaporkan bahwa adanya 1 unit gubuk yang berada dipinggir laut milik Sdr. Vinsensius Asa (45) yang merupakan petani di Dusun Fatukmetan Desa Kenebibi Kec. Kakuluk Mesak Kab. Belu NTT yang menyimpan barang berupa 43 (empat puluh tiga) dus tembakau merk “Shag” tanpa dilengkapi dokumen yang sah,” jelas Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

Baca juga :  Manunggal Dengan Rakyat, Satgas Yonif Raider 142/KJ Bantu Warga Menumbuk Padi

“Pada saat itu, atas ijin dari Bpk. Yulius Mener (49) selaku Ketua RT. 01 Dusun Fatumetan Desa Kenebibi Kec. Kakuluk Mesak Kab. Belu, Sdr Vinsensius Asa kami bawa ke Pos Motaain untuk dimintai keterangan singkat,” terangnya lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan singkat terhadap Sdr. Vinsensius Asa, diketahui bahwa barang tersebut merupakan titipan dari Sdr. HL melalui handphone.

“Saya dihubungi oleh Sdr. HL melalui handphone dan diminta untuk menerima titipan 43 dus tembakau dan disimpan di pondok milik saya, pada saat menurunkan barang ini dari kendaraan, saya diberi upah sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah),” jelas Sdr Vinsensius Asa.

Baca juga :  Khitan Gratis, Pemuda Sekitar Wilayah Perbatasan Terus Menerus Datangi Satgas Yonif Raider 142/KJ

“Dalam pembicaraan melalui handphone tersebut juga dijelaskan oleh Sdr. HL bahwa 43 dus tembakau tersebut akan dikirimkan ke Negara Timor Leste melalui jalur laut, pengiriman sendiri akan dilaksanakan menunggu air laut pasang, biasanya dilakukan pada malam hari,” terangnya lebih lanjut.

“Saat ini barang bukti berupa 43 dus tembakau tersebut kami amankan di Mako Satgas Yonif Raider 142/KJ, sementara Sdr. Vinsensius Asa setelah kami mintai keterangan singkat, maka kami kembalikan kepada pihak keluarganya,” tegas Dansatgas.

Dansatgas Yonif Raider 142/KJ selalu memerintahkan kepada seluruh pos di jajarannya agar meningkatkan hubungan baik, dan bekerja sama dengan warga masyarakat serta instansi yang ada di wilayah dalam pemberantasan kegiatan penyelundupan, serta melakukan sosialisasi dan penyuluhan hukum agar warga masyarakat tidak dijadikan perantara oleh pihak tertentu dalam melaksanakan kegiatan illegal untuk mendapatkan keuntungan pribadi. (penremgapu)

Share :

Baca Juga

Yonif 142

TVRI NTT Liput Pembuatan Kerajinan Tangan “Pigura yang Bernilai Seni” di Mako Satgas Yonif R 142/KJ

Yonif 142

Reaksi Cepat Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ, Bantu Pam Penanganan Tumbangnya Tiang Listrik Akibat Bencana

Yonif 142

Personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ bersama Warga Desa Loonuna Bentuk Panitia Natal

Yonif 142

Pastikan Bantuan Tepat Sasaran, Satgas Yonif Raider 142 Kawal Pembagian BLT di Perbatasan

Yonif 142

Terkait Wabah Covid -19, Satgas Yonif Raider 142 Perketat Pengamanan Perbatasan

Yonif 142

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 142/KJ dan Polres Belu Bersinergi Wujudkan Situasi Masyarakat yang Kondusif

Yonif 142

Peduli Pendidikan, Satga Yonif Raider 142/KJ Benahi Sarana Bermain PAUD Libas

Yonif 142

Kapolres Belu Apresiasi Luar Biasa dan Ucapkan Terima Kasih kepada Dansatgas Pamtas Yonif R 142 Atas Kerjasamanya