oleh

Satgas Yonif Raider 142/Kj Dukung Sektor Pertanian di Perbatasan, Bantu Warga Desa Dirun Pasang Cagak Buncis

-Yonif 142-150 views

Jambi, korem042gapu.mil.id – Dalam rangka mendukung peningkatan hasil pertanian warga di wilayah perbatasan, personel Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ bergotong-royong bersama warga memasang cagak tanaman buncis di Desa Dirun Kecamatan Lamaknen Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (12/3/2020)

Dikatakan Dansatgas, kegiatan Karya Bakti gotong-royong dibidang pertanian milik warga di sekitar pos pada Selasa (10/3/2020) merupakan aplikasi pelaksanaan tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil).

“Tentunya tugas Binter Satnonkowil dilaksanakan melalui koordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan setempat serta Instansi Pemerintah terkait yang ada di daerah penugasan,” ujarnya.

“Kegiatan gotong-royong bersama warga tersebut merupakan wujud kepedulian TNI di daerah penugasan, terhadap perkembangan dan kemajuan pertanian dalam memanfaatkan lahan bercocok tanam, sehingga diharapkan dapat mencapai hasil yang maksimal,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan pimpinan Serda Pernando J Saputra bersama 4 orang anggota serta 6 orang warga setempat, mereka bahu-membahu dalam menyelesaikan pemasangan tiang cagak tanaman buncis tersebut.

“Gotong-royong pemasangan cagak tanaman buncis ini dikerjakan dalam waktu 3 hari dengan luas kebun keseluruhan mencapai 3 hektare,” tuturnya.

“Cagak tanaman buncis berfungsi sebagai tempat bersandarnya akar-akar dari tanaman buncis, seperti halnya pada tanaman kacang panjang,” tambahnya.

Dirinya berharap, semoga melalui kehadiran Satgas di tengah-tengah masyarakat dapat meningkatkan motivasi serta kepercayaan diri warga yang ada di wilayah perbatasan RI-RDTL dalam meningkatkan hasil bercocok tanam secara maksimal.

Setelah gotong-royong pemasangan cagak tanaman buncis selesai, Bapak Agustinus Mau (35) pemilik kebun menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan tenaga yang telah diberikan oleh personel Satgas.

“Saya selaku pemilik kebun mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah peduli untuk memberikan bantuan tenaga, semoga bapak-bapak TNI selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan kemudahan oleh Tuhan Yang Maha Esa, dalam menjalankan tugas sebagai Abdi Negara,” tandasnya. (penremgapu)

Komentar

Berita Terkait