LIVE TV
Danrem 042/Gapu Melalui Vicon Ikuti Taklimat Awal Wasrik BPK RI Kasad Tegaskan TNI AD Harus Jadi Solusi Hadapi Ancaman Banglingstra Kasrem 042/Gapu : Aparat Intelijen Harus Memiliki Kemampuan Up to Date Dalam Mengikuti Perkembangan Teknologi Rumah Sakit dr. Bratanata Jambi Gelar Pelatihan ATLS Periode Ke-IV 2022 Prajurit Korem 042/Gapu dan Persit Laksanakan Senam Bersama

Home / Mabesad

Kamis, 8 September 2022 - 12:28 WIB

Tangkal Ancaman Polarisasi Bangsa, TNI AD Gelar Bincang-Bincang Kebangsaan

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman/Foto : Dispenad

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman/Foto : Dispenad

JAKARTA, korem042gapu.mil.id – Sebagai upaya menangkal ancaman polarisasi bangsa, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman menyampaikan paparannya yang berjudul Reaktualisasi Nilai Kebangsaan Sebagai Upaya Mencegah Polarisasi.

Kegiatan yang dikemas dalam acara “Bincang-bincang Kebangsaan” menghadirkan beberapa pembicara yaitu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gus Muwafiq, dan Antonius Benny Susetyo dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bertempat di Aula Jenderal Besar A.H Nasution, Markas Besar Angkatan Darat, Rabu (7/9/2022).

Kasad menyampaikan latar belakang perjuangan bangsa Indonesia mulai dari kerajaan-kerajaan di nusantara hingga perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang membuktikan kebersamaan seluruh masyarakat Indonesia dengan kebhinekaannya namun tetap terbingkai dalam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pejuang kemerdekaan dan para pendahulu bangsa dengan segala keterbatasannya, namun didorong semangat rela berkorban dan nasionalisme yang tinggi mampu membawa bangsa Indonesia terlepas dari penjajahan. Dengan kebersamaan, tidak memandang asal suku, agama dan kelompok semua bahu membahu berjuang untuk meraih kemerdekaan, ” ungkap Kasad.

Baca juga :  Terima Pin Emas, Kasad Ajak Insan Pers Tangkal Berita Hoaks

Lebih lanjut Kasad menegaskan, perjuangan bangsa saat ini lebih berat karena selain menghadapi ancaman eksternal saat ini persatuan dan kesatuan bangsa diuji untuk menghadapi ancaman internal.
“Beban perekonomian negara sangat berat pasca Covid 19, ancaman krisis telah melanda negara-negara luar. Saya mengajak semua komponen bangsa baik pejabat, para tokoh dan mahasiswa penerus bangsa untuk berbuat terbaik demi bangsa Indonesia, ” jelas Kasad.

Kasad juga menegaskan bahwa TNI Angkatan Darat telah berupaya mendukung program-program pemerintah dalam membantu kesulitan masyarakat dan menyejahterakan masyarakat dengan berbagai program antara lain, ketahanan pangan, manunggal air dan mengatasi stunting.

Baca juga :  Pangdam II/Sriwijaya Turut Mendampingi Wakil Presiden RI Kunker di Jambi

Di hadapan para peserta yang hadir, Jenderal TNI Dudung Abdurachman juga menyampaikan bahwa soliditas TNI merupakan suatu yang mutlak. Sinergitas TNI dengan berbagai komponen masyarakat harus tetap terpelihara untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

“Soliditas TNI merupakan hal mutlak dan sinergitas TNI dengan berbagai komponen masyarakat harus tetap terpelihara sehingga jangan sampai ada pihak-pihak yang ingin merusak soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, ” tegas Kasad.

Adapun tema yang diusung pada acara ini yaitu, “Merajut Sinergitas Komponen Bangsa Guna Menangkal Ancaman Polarisasi Bangsa,” ini dihadiri oleh tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, pemuda dan mahasiswa. (Dispenad).

Share :

Baca Juga

Korem 042

TNI AD Buka Penerimaan CABA PK TNI AD Reguler Dan Khusus Keagamaan

Mabesad

Kasad Bangga Atas Terbinanya Komunikasi dan Sinergitas yang Baik Antar Stakeholder di Wilayah Jambi

Mabesad

Kasad Resmikan Gedung Siber dan Masjid Abdurachman

Mabesad

1000 Prajurit TNI AD Dikerahkan Untuk Penanganan Awal Gempa Cianjur

Mabesad

Terima Pin Emas, Kasad Ajak Insan Pers Tangkal Berita Hoaks

Mabesad

Kasad Tegaskan TNI AD Harus Jadi Solusi Hadapi Ancaman Banglingstra

Mabesad

Peran Kowad Sebagai Prajurit dan Wanita Adalah Tugas Mulia

Mabesad

Bedah Buku “Loper Koran Jadi Jenderal” di Mabesad, Jenderal Dudung Tokoh Inspiratif