oleh

Team Mobile Clinik (TMC) Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Cek Kesehatan Masyarakat Perbatasan

-Yonif 142-105 views

KOREM 042 GARUDA PUTIH – Kesehatan merupakan hal utama yang selalu dijaga setiap orang, karena bila kesehatan terganggu maka setiap rencana akan terkendala. Hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi Team Mobile Clinik (TMC) Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ yang terletak di Jalan Meo Otu Hale Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur untuk melaksanakan tugasnya dibidang kesehatan, baik untuk personel Satgas maupun masyarakat yang berada di sekitar wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Atambua Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Jum’at (17/7/2020).

Dikatakan Dansatgas, selain menjaga kondisi kesehatan prajurit, personel kesehatan juga melaksanakan tugas untuk masyarakat khususnya yang berada di sekitar wilayah perbatasan yaitu sektor timur.

“Tugas utama personel kesehatan Satgas adalah memastikan setiap kondisi kesehatan prajurit dalam keadaan baik, metode yang dilakukan berupa pencegahan dan pengobatan,” ungkapnya.

“Tetapi selain itu, kami juga memiliki tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan, sehingga personel kesehatan dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat perbatasan di daerah penugasan,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah perbatasan dimulai sejak satuannya melaksanakan tugas di Atambua Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, hingga berakhirnya tugas Satgas di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste.

“Pelayanan kesehatan dilakukan setiap saat, baik pada saat gelar bakti sosial kesehatan di berbagai tempat, mengunjungi masyarakat dari rumah ke rumah, serta membuka pelayanan umum di Mako Satgas bagi masyarakat sekitar yang ingin berobat,” paparnya.

“Selain di Mako Satgas, pelayanan kesehatan juga diberikan oleh pos-pos Satgas yang tersebar di sepanjang sektor timur wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, karena kami juga menempatkan personel kesehatan di sana,” tambahnya.

“Pelayanan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan, pengobatan hingga khitan,” tegasnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini kehadiran Satgas dapat membantu Pemerintah Daerah dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga ke pelosok wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste.

Di tempat terpisah, Bapak Egidius Kaley selaku Ketua RT. 01 RW. 01 Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Satgas yang telah setia memberikan pelayanan untuk masyarakat.

“Kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada kami selama ini,” tandasnya. (Penremgapu)

Komentar

Berita Terkait