oleh

Tim Pengawasan Pembinaan Doktrin Mabes AD Kunjungi Kodim 0419/Tanjab

JAMBI (KOREM 042/GAPU) – Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0419/ Tanjab Menerima Kunjungan TIM Pengawasan Pembinaan Doktrin Dan Petunjuk (Wasbindok) dari Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Rabu (13/11/2019).

Dalam kunjungan tersebut TIM Wasbindok Mabesad dipimpin Paban IV Pembinaan Doktrin (Bindok) Sopsad Kolonel Arh Rikas Hidayatullah di dampingi oleh Pabanda Rensunjuk Spaban IV/Pembinaan Doktrin (Bindok) Sopsad Kapt Kav Jajang Hadi Sunarto serta Pasiops Korem 042/Gapu Mayor Inf Marlianus Pasae diterima langsung oleh Dandim 0419/Tanjab diwakili Kasdim Mayor Chb Indra Wijaya bersama para Perwira Kodim.

Usai ramah tamah beberapa saat serta menerima paparan yang disampaikan Kasdim, TIM Wasbindok memberikan arahan kepada para Pasi Kodim, Danramil dan Bati Kodim serta Babinsa di Ruang Data Kodim 0419/Tanjab Jl.Beringin Kel.Patunas Kec. Tungkal Ilir Kab.Tanjab Barat.

Kolonel Arh Rikas Hidayatullah selaku ketua Tim menyampaikan bahwa Doktrin Pelaksanaan Kodalops TNI AD merupakan jabaran dari Doktrin Induk Operasi yang berisikan tentang tataran, kewenangan dan status Kodalops serta sistem Kodalops yang meliputi Pengorganisasian, Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT), fasilitas Kodalops dan Manajemen Informasi.

Petunjuk Teknis (Juknis) adalah Jabaran lebih lanjut dari petunjuk penyelenggaraan yang memuat penjelasan tentang tata cara teknis atau pelaksanaan suatu kegiatan atau pekerjaan secara terinci termasuk juga penggunaan, pemeliharaan dan perbaikan peranti keras atau materlil dalam rangka pembinaan di lingkungan TNI AD.

Petunjuk Referensi (Jukref) adalah naskah Doktrin yang bersifat referensi yang pada umumnya tidak memiliki turunan berisi ketentuan, kriteria, dan hal-hal lainnya yang relevan, dengan tujuan agar penyelenggaraan suatu kegiatan berhasil optimal, ujar Kolonel Rikas.

Terakhir Kolonel Rikas juga menyampaikan bahwa Prosedur Tetap (Protap) adalah suatu pedoman khusus dalam pelaksanaan satu kegiatan di internal suatu satuan yang terutama berisikan prosedur pelaksanaan suatu keglatan khusus di masing-masing internal satuan.

Terkait kegiatan tersebut Dandim 0419/Tanjab Letkol Arry Yudistira melalui Kasdim Mayor Indra menyampaikan,” Terimakasih Tim Wasbindok Mabesad Jakarta telah berkunjung ke Kodim 0419/Tanjab dalam rangka pengawasan pembinaan doktrin dan petunjuk.

Tentunya, setelah mendapatkan paparan yang disampaikan oleh Kolonel Rikas, dapat menambah pengetahuan dan wawasan para jajaran Kodim 0419/Tanjab bagaimana mengaplikasikan Doktrin dan petunjuk sehingga dapat menunjang terlaksananya tugas yang dijalankan secara profesional, pungkas Indra.(penremgapu)

Komentar

Berita Terkait