LIVE TV
Danrem 042/Gapu Minta Perusahaan Tegas Dalam Penanganan Karhutla Danrem 042 Gapu Hadiri Rapat Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi Wabup Muaro Jambi Buka TMMD 110 Kodim 0415/BTH Brigjen TNI Zamroni : Menjadi Pemimpin Itu Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Bupati Tanjab Barat dan Batanghari Di Rumdis Gubernur Jambi

Home / Berita Korem

Jumat, 6 Desember 2019 - 14:28 WIB

Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Korem 042 Gapu Gelar Simulasi Latihan Gulbencal Karhutla

JAMBI. korem042gapu.mil.id – Lahan di Desa Puding, Kecamatan Kumpe, Kabupaten Muaro Jambi Jum’at (6/12/2019) pagi kembali menimbulkan api. Akibat kejadian itu tiga orang masyarakat setempat menjadi korban.

Kejadian tersebut merupakan bagian dari rangkaian simulasi yang dilaksanakan oleh Tim gabungan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Danrem 042/Gapu, Kolonel Arh Elphis Rudy melalui Kasrem Letkol Arh Hary Sassono Utomo mengatakan, kegiatan kali ini merupakan simulasi penanggulangan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Dalam latihan itu, sedikitnya 300 personel yang dilibatkan dari Satgas Darat (TNI, Polri, BPBD Prov Jambi, Manggala Agni, Dinas Sosial, Tagana, Disbun, Dishut, Dinas LHK, BMKG, Pihak Perusahaan dan Kelompok Masyarakat Peduli Api), Satgas Udara, Satgas Kesehatan (Denkesyah, Dinkes, PMI), Satgas Evakuasi (Denzibang 3/III, Basarnas) Satgas Gakkum (Polri, Polhut dan Biro Hukum Pemda).

Baca juga :  Kunjungi Polsek Muara Tembesi, Pangdam Berpesan Unsur Tripika Tetap Netral Hadapi Pilkada Serentak 

“Jadi kita tingkatkan kemampuan prajurit, setelah mereka menghadapi bencana Karhutla beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Lanjutnya, tujuan dari kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan personel TNI serta stakeholder yang ada untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana Karhutla yang bisa terjadi pada tahun-tahun selanjutnya.

“Karena bencana ini kita hanya bisa memprediksi tetapi tidak bisa memastikan. Jadi, seluruh personel harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar kedepan bencana seperti tahun ini tidak terulang kembali,” katanya.

Baca juga :  Satgas TMMD 110 Kodim 0415/Bth Bagikan Ratusan Sembako pada Warga Desa Sungaiterap

Hary berharap dengan kegiatan simulasi ini kedepan lebih siap lagi dalam menghadapi situasi bencana Karhutla.

“Ada bencana atau tidak kita harus siap. Maka dengan latihan ini kita harus memanfatkan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Disampaikanya kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran akan bahanya Karhutla. “Untuk masyarakat maupun pihak manapun agar mengikuti aturan pemerintah,” tandasnya.

Pelaksanaan Latihan di tinjau langsung dari Pusterad Letkol Inf Edi Supriyadi dan Mayor Inf Kayanto serta Kasrem 042/Gapu, Dandim 0415/Batanghari, para Dan/Kasatbalak jajaran Korem 042/Gapu, Kepala pelaksanaan BPBD Muaro Jambi, dan pejabat dari Kejaksaan Tinggi Prov Jambi. (penremgapu)

Share :

Baca Juga

Berita Korem

Kasrem 042/Gapu Ajak Prajurit dan PNS Beragama Islam Makmurkan Masjid

Bakti TNI

Peringati Hari Juang Kartika di Tengah Pandemi, Korem Gapu Gelar Aksi Donor Darah

Berita Korem

Datangi Tempat Resepsi Pernikahan, Babinsa Kel Thehok Pastikan Warga Taati Prokes. – Kodim 0415 Batanghari

Berita Korem

Peduli Kesehatan Warga, Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif R 142/KJ Lakukan Penyaringan Air Minum

Berita Korem

Danrem 042/Gapu Buka Bimtek Mekanisme Pelaksanaan Anggaran TNI AD

Berita Korem

Perintah Tegas Jenderal Andika : Saya Ingin Utuh, Jangan Dipecah

Berita Korem

Hoax, Berita Kasdim 0817/Gresik Meninggal Karena Vaksin Covid 19

Berita Korem

Korem Gapu Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual