oleh

Tingkatkan Kesehatan Masyarakat di Perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ, Gelar Pelayanan Posyandu di Desa Tohe

-Yonif 142-73 views

Belu, korem042gapu. mil.id – Personel Kesehatan Pos Nunura Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis serta memberikan tenaga bantuan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Desa Tohe Kec. Raihat Kab. Belu NTT.

Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ di perbatasan berdasarkan atas Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, lebih rinci tercantum dalam pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 tentang pengamanan wilayah perbatasan.

Selain melaksanakan Tugas Pokok dalam menjaga tapal batas Negara, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ juga melaksanakan tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) dengan berkoordinasi kepada Satuan Kewilayahan yang ada, serta instansi pemerintah daerah setempat dalam rangka mendukung pembangunan dan membantu mengatasi kesulitan masyarakat yang berada di perbatasan.

“Ini merupakan upaya kami untuk mengatasi permasalahan warga masyarakat dibidang kesehatan serta membantu aparatur pemerintah dibidang kesehatan yang berada di daerah perbatasan terutama di wilayah desa binaan,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

“Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Letda Inf Irawan selaku Danpos Nunura beserta 5 orang personel lainnya,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin di Mako Satgas, Rabu (18/12/2019).

“Kegiatan dibidang kesehatan masyarakat dan lingkungan sangat penting, selain membantu mengatasi kesulitan masyarakat dibidang kesehatan, kegiatan ini juga untuk mendukung program pemerintah yaitu Indonesia Sehat,” jelasnya.

Kegiatan pelayanan kesehatan seperti pemeriksaan dan pengobatan gratis telah direncanakan sebelumnya untuk dilaksanakan pada kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) setiap bulannya, hal ini mengingat keberadaan Posyandu terdapat disetiap lingkungan masyarakat, sehingga hal ini dapat mempermudah warga masyarakat dalam menjangkau lokasi tersebut.

“Selain melaksanakan pemeriksaan dan pengobatan gratis di Desa Nunura, personel kita juga memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara hidup sehat dan pentingnya kesehatan bagi warga masyarakat dii desa binaan mereka,” jelasnya.

Terpisah, Bpk. Cyprianus selaku Kepala Desa Nunura menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Satgas Yonif R 142/KJ yang telah melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan bersamaan dengan kegiatan Posyandu di desa mereka.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak TNI yang telah memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis serta dapat membantu kegiatan Posyandu, kami berharap kehadiran mereka tetap aktif di desa kami,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ibu Anina salah satu kader Posyandu di desa tersebut mengucapkan terima kasih atas partisipasi pihak Satgas Yonif R 142/KJ.

“Saya mewakili ibu-ibu kader mengucapkan terima kasih banyak terhadap bapak TNI yang telah memberikan pelayanan kesehatan serta dapat membantu kegiatan Posyandu ini sehingga dapat berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Sementara itu, Prada Arpiyan selaku Tamtama Kesehatan Pos Nunura menyampaikan bahwa memberikan pelayanan kesehatan dan membantu kegiatan Posyandu merupakan hal yang positif untuk warga masyarakat.

“Kami berharap, apa yang kami lakukan bermanfaat bagi warga masyarakat, sehingga keberadaan kami ditengah-tengah mereka dapat dirasakan secara langsung manfaatnya,” tutur Prada Arpiyan.(penremgapu)

Komentar

Berita Terkait