Dandim 0420/Sarko : Masyarakat Masih Banyak Tidak Mematuhi Protokol Kesehatan Jaga Sinergitas TNI – Polri Gowes Bersama Menyapa Warga Danrem Gapu Hadiri Penandatangan Pakta Integritas dan Gakkum Penerapan Prokes Pada Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Jambi Ketua Persit KCK Koorcabrem 042 Dukung Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Gebrak Masker Danrem Bersama Kapolda Jambi Bagikan Masker untuk Warga Pesisir Pantai

Home / Yonif 142

Sabtu, 7 Desember 2019 - 00:00 WIB

Tingkatkan Perekonomian Rakyat, Satgas Yonif Raider 142/KJ Ajari Warga Perbatasan Bikin Peyek

JAMBI. korem042gapu.mil.id – Personel Pos Delomil Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ berbagi ilmu kerajinan tentang cara pembuatan peyek kacang tanah kepada kaum mama di Dusun Nakololo Desa Aitun Kec. Raihat Kab. Belu NTT.

“Melihat banyak warga desa binaan mereka yang mayoritas bercocok tanam kacang tanah, personel Pos Delomil memanfaatkan peluang tersebut untuk mengolah hasil bercocok tanam yaitu kacang tanah menjadi makanan ringan dalam bentuk peyek kacang tanah yang gurih,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

“Sehingga personel Pos Delomil berinisiatif untuk mengumpulkan kaum mama dalam rangka memperkenalkan cara pembuatan peyek kacang tanah yang gurih,” terangnya lebih lanjut

“Peyek kacang tanah merupakan salah satu jenis makanan ringan yang diolah dengan campuran bumbu sehingga akan terasa lebih gurih dan lezat,” terang Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (7/12/2019).

Baca juga :  Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Bantu Perekonomian Warga Perbatasan Melalui Pelatihan Pembuatan Es Krim

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka berbagi ilmu pengetahuan sehingga akan menambah koleksi menu masakan kaum mama di Dusun Nakalolo yang merupakan desa binaan Pos Delomil” jelasnya.

“Yang mana kegiatan dipimpin langsung oleh Sertu Medi Efri Yadi selaku Wadanpos Delomil bersama 3 orang personel lainnya,” tegas Dansatgas.

“Selama ini warga masyarakat desa binaan Pos Delomil hanya menjual hasil bercocok tanam mereka ke pasar dalam bentuk butiran kacang tanah tanpa kulit, dengan kehadiran Satgas Yonif R 142/KJ ditengah-tengah mereka, maka personel Pos Delomil berinisiatif untuk berbagi ilmu pengetahuan tentang pemanfaatan hasil bercocok tanam milik warga masyarakat Dusun Nakololo,” jelasnya lebih lanjut.

“Diharapkan kegiatan ini menjadi solusi pemanfaatan hasil bercocok tanam warga masyarakat Dusun Nakalolo, guna meningkatkan nilai jual dari hasil pertanian,” imbuh Dansatgas lebih lanjut.

“Kami berharap makanan ringan dalam bentuk peyek kacang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat menjadi peluang usaha dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan masyarakat di wilayah perbatasan,” paparnya

Baca juga :  Bukti Hasil Pembinaan di Bidang Pertanian, Satgas Yonif Raider 142/KJ Panen Jagung bersama Warga Perbatasan

Terpisah, Mama Ikun (33) merupakan salah seorang warga Dusun Nakalolo mengungkapkan tanggapannya tentang pengolahan kacang tanah menjadi makanan ringan.

“Kami selama ini tidak menyadari, bila kacang tanah dapat menjadi peyek sebagai makanan ringan, selama ini yang kami lakukan hanya menjualnya ke pasar saja, terima kasih atas kreatifitas dari bapak-bapak TNI,” ungkapnya.

Sementara itu, Sertu Medi Efri Yadi selaku Wadanpos Delomil mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat yang sangat antusias dalam kegiatan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada kaum mama yang telah meluangkan waktu dan menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan ini, semoga ini menjadi salah satu peluang usaha dalam meningkatkan perekonomian warga desa binaan di perbatasan,” tandasnya. (fds/penremgapu)

Share :

Baca Juga

Yonif 142

Peringati Hari Jadi Kodam IX/Udayana ke – 63, Prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 142 Donor Darah

Yonif 142

Sambut Natal dan Tahun Baru 2020, Satgas Yonif Raider 142/KJ Bagikan Sembako Untuk Warga Di Tapal Batas

Yonif 142

TNI Mengajar, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Beri Pendidikan Bela Negara di Tapal Batas

Yonif 142

Peduli Kesehatan Warga Perbatasan, Satgas Yonif R 142/KJ Beri Penyuluhan dan Pengobatan Gratis

Yonif 142

Personel Pos Fohuk Satgas Yonif Raider 142/KJ Bersama Warga Dusun Piebulak Gotong royong Perbaiki Saluran Air Bersih

Yonif 142

Satgas Pamtas Yonif Raider 142 Bekali Pelajar SMPN 2 Silawan Tentang Bela Negara

Yonif 142

Peduli Kebersihan Lingkungan, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Bangun Bak Sampah di Desa Takirin

Yonif 142

Gelar Rapid Test Tahap Satu, 400 Anggota Satgas Pamtas Yonif 142/KJ Nyatakan Negatif