oleh

TMMD 107 Kodim 0416 Bute Resmi Ditutup

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Ditengah terpaan Virus Corona alias Covid-19, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 Tahun 2020 Resmi ditutup.

Pelaksanaan penutupan Program TMMD kali ini berbeda dengan pelaksanaan penutupan sebagaimana lazimnya dan kali ini tidak dilakukan dilapangan terbuka dengan menggelar upacara, karena pelaksanaan penutupan program TMMD kali ini di tengah kondisi dan situasi wilayah negara dan bahkan sebagian besar wilayah di dunia yang tengah dilanda bencana wabah virus Corona, maka pelaksanaan Penutupan Program TMMD ke 107 di gelar di rumah Dinas Bupati Bungo dan di hadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Bungo, Para Kepala Dinas, Kabag, serta Tamu undangan yang lainnya, Selasa(14/04).

Kegiatan TMMD Ke-107 tahun 2020 dengan mengambil tema, “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”, telah dilaksanakan selama 30 hari, dimulai tanggal 16 Maret s.d 14 April 2020.

Dalam sambutannya Dandim Letkol. Inf Widi Rahman, SH.M.Si, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bungo dan instansi-instansi lain yang telah membantu sehingga kegiatan TMMD Ke-107 berjalan sukses.

“Atas nama TNI dan masyarakat, saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati serta instansi-instansi lain yang telah membantu,” katanya.

Terima kasih pula kepada anggota Satgas yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan TMMD ini dalam suasana siaga Covid 19,”ungkapnya.

“Selaku pribadi dan seluruh Prajurit TNI Angkatan Darat, mohon maaf bila ada yang kurang berkenan dan ada pekerjaan yang kurang pas, kami siap untuk memperbaiki semaksimal dan sesuai harapan,” ujar Dandim.

Untuk diketahui bahwa pelaksanaan program TMMD Kodim 0416/Bute telah menyelesaikan beberapa sasaran pokok, diantaranya pembukaan jalan baru dengan lebar awal 10 meter panjang 7 km menjadi 7,6 km dan masyarakat memberikan hibah 2 meter menjadi 12 meter, pengerasan jalan 4,7 km, pembangunan Box Culvert sebanyak 2 buah, gorong-gorong sebanyak 13 titik.

Sasaran tambahan berupa pembangunan 1 unit rumah yang permanen di Kelurahan Sungai Binjai dan non permanen di Dusun Air Gemuruh. Lapangan volly awalnya 1 buah menjadi 2 lengkap dengan sarana prasarana sesuai dengan permintaan. Penyuluhan penyuluhan juga dilaksanakan hukum, kesehatan berkaitan dengan covid-19.

Sedangkan sasaran non fisik yang diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa, antara lain meliputi penyuluhan kesadaran bela Negara, kesadaran hukum, penyuluhan pertanian, peternakan, kesehatan dan KB, pengobatan gratis, penyuluhan bahaya narkoba, dan berbagai kegiatan non fisik lainnya, tutup Dandim.

Di tempat yang sama Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME mengatakan, “Pada kesempatan ini kami mewakili pemerintah menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Kodim 0416 Bute dan semua pihak yang telah memberikan Dharma Baktinya bagi pelaksanaan TMMD di wilayah Kabupaten Bungo ini khususnya di Kecamatan Bathin III, Kelurahan Sungai Binjai dan Dusun air Gemuruh,”ujarnya.

Kegiatan yang telah dilakukan di Kabupaten Bungo ini sudah terlaksana dengan baik, sasaran – sasaran yang telah tercapai dan ditambah sasaran-sasaran tambahan yang menjadi bertambahnya kegiatan yang telah ditetapkan oleh Kodim 0416 Bute.

“Kami mengapresiasi bahwa kegiatan yang dilaksanakan TNI ini melibatkan masyarakat sehingga kegiatan ini memang betul-betul menjadi contoh dalam pelaksanaan Kemanunggalan TNI bersama Rakyat di Kabupaten Bungo,”ujarnya.

“Dengan selasainya TMMD ini dapat membantu motivasi masyarakat untuk mampu memanfaatkan berbagai potensi dan sumberdaya masyarakat itu sendiri yang pada gilirannya akan
berdampak positif pada pemberdayaan masyarakat dalam membangun diri dan
lingkungan secara swakarsa dan swasembada,” tutup Bupati.

Acara Penutupan TMMD diawali Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Hasil dilanjutkan dengan Penandatanganan Prasasti TMMD oleh Letkol. Inf Widi Rahman, SH.M.Si dan Bupati Bungo H Mashuri, SO, ME dan diakhiri dengan poto bersama. (Penremgapu)

Komentar

Berita Terkait