oleh

TMMD 108 di Labuhan Pering Segera di Mulai, Babinsa Lakukan Sosialisasi

KOREM 042 GARUDA PUTIH – Program TNI Manunggal Membangun Desa ke 108 (TMMD) merupakan bentuk wujud Kemanunggalan antara TNI dengan rakyat, tentu saja hal ini antara TNI dengan rakyat selalu bersinergi dalam hal ikut serta menjaga Pertahanan Keamanan Negara. Oleh karena itu, sebagai bentuk kepedulian TNI kepada rakyat, maka dilakukan dalam program TMMD ke 108.

TMMD ke 108 Kodim 0419/Tanjab, Korem 042 Gapu, akan dilaksanakan selama satu bulan, mulai tanggal 30 Juni sampai dengan 29 Juli 2020 di Desa Labuhan Pering, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjab Timur.

Untuk mensukseskan pelaksanaan TMMD tersebut, Babinsa Wilayah Kecamatan Sadu, Koramil 04 Nipah Panjang Kodim 0419/Tanjab sesuai dengan Perintah Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, SIP, rutin melaksanakan kegiatan sebagai penyeimbang dengan melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan TMMD di Labuhan Pering dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid -19.

Hal ini sebagai tugas dan tanggung jawab para Babinsa kami untuk mensosialisasikan kepada seluruh komponen masyarakat, baik di pedesaan hingga ke Pemerintahan Kecamatan. Sehingga semua tahu akan pentingnya pelaksanaan TMMD ini. “Kami lakukan demi Kemanunggalan TNI terhadap Rakyat,” ungkap Danramil Nipah Panjang Kapten Inf Adil Tarigan.

“Mereka tak mengenal lelah untuk terjun ke lapangan untuk mensosialisakan guna mengabdikan diri dalam mensukseskan TMMD ke-108 yang akan dilaksanakan oleh Kodim 0419/Tanjab”, ungkapnya.

Terpisah, Komandan Kodim 0419 Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto mengatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh Babinsa tersebut untuk menjelaskan kepada warga apa itu TMMD dan mengapa di laksanakan di wilayah tersebut.

TMMD adalah salah satu wujud operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintahan Non Departemen dan Pemeritah Daerah serta komponen bangsa lainnya, dilaksanakan secara terintergasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolir, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana, ungkap Dandim.

Adapun rencana sasaran fisik yang akan kita kerjakan diantaranya Pembukaan jalan baru di Desa Labuhan Pring Kec. Sadu Kab. Tanjab Timur sepanjang 10.695 Meter dengan lebar 5 Meter serta tinggi badan jalan 1 Meter. Sedangkan sasaran tambahan berupa Bedah Rumah sebanyak 4 Unit, pembuatan Sumur Bor sebanyak 1 Unit, Perbaikan lapangan Sepakbola 1 Unit serta Rehab Masjid 1 Unit.

Untuk sasaran non fisik, lanjut Dandim, diantaranya Penyuluhan tentang Pencegahan COVID-19, Pertanian,Pembangunan Perkebunan, Perikanan dan Kelautan, Wasbang dan Karhutla, Pemilu Damai, Narkoba, tentang KB,Paket C, dan Penyuluhan Sertifikasi Lahan / Tanah serta Penyuluhan UU ITE, jelasnya.

“Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan. Dengan semangat Gotong Royong. Mari kita buktikan. Bersama Rakyat bahwa TNI Kuat,” kata Dandim. (Penremgapu)

Komentar

Berita Terkait