Ketua Persit KCK Koorcabrem 042 Dukung Pemerintah Cegah Penyebaran Covid-19 Melalui Gebrak Masker Danrem Bersama Kapolda Jambi Bagikan Masker untuk Warga Pesisir Pantai Kunjungi Polsek Muara Tembesi, Pangdam Berpesan Unsur Tripika Tetap Netral Hadapi Pilkada Serentak  Kunjungi Yonif Raider 142/KJ, Ini Pesan Pangdam II Sriwijaya Pangdam Sriwijaya Apresiasi Kapolda Jambi Dalam Antisipasi Karhutla Melalui Aplikasi Asap Digital

Home / Yonif 142

Rabu, 4 Maret 2020 - 12:40 WIB

TNI Mengajar, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Beri Pendidikan Bela Negara di Tapal Batas

JAMBI, korem042gapu.mil.id – Upaya meningkatkan jiwa Nasionalisme dan cinta tanah air di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ berikan pembekalan tentang Bela Negara dipimpin oleh Serda Josua selaku Wadanpos Asumanu bersama anggota kepada 82 orang siswa-siswi SMPN Duamanu Kecamatan Raihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.Demikian dikatakan oleh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua, Rabu (4/3/2020).

Dansatgas Letkol Inf Ikhsanudin lebih lanjut mengatakan bahwa Tugas Binter Satnonkowil Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ dilakukan dalam berbagai bidang dan upaya dalam rangka mendukung setiap program Pemerintah guna membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai macam permasalahan sosial yang timbul di wilayah perbatasan, diantaranya bidang pertanian, pendidikan, kesehatan, olahraga, perikanan, ekonomi, keterampilan dan bidang lainnya.

Personel kami yang berada Pos Asumanu berupaya meningkatkan jiwa Nasionalisme dan rasa cinta tanah air dengan memberikan sosialisasai pembekalan tentang Bela Negara kepada siswa-siswi di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Duamanu.

“Melalui kegiatan pembekalan tentang Bela Negara ini kami berharap dapat memperkokoh jiwa Nasionalisme serta rasa cinta tanah air para siswa-siswi guna membentengi diri mereka dari pengaruh-pengaruh radikalisme serta lunturnya keyakinan terhadap Bangsa dan Negara,” ucapnya.

Baca juga :  Tingkatkan Inovasi Ekonomi Warga, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Olah Singkong Jadi Combro

Perlaksanaan kegiatan ini berkat kerjasama bersama seluruh lapisan masyarakat dan koordinasi bersama Instansi terkait serta adanya permintaan dari pihak SMPN Duamanu untuk mengisi materi Kenegaraan kepada para siswa-siswi yang sedang menuntuk ilmu di kelas VII Dan VIII.

“Materi yang diberikan pada Kegiatan pembekalan Bela Negara tersebut antara lain tentang 4 pilar Kebangsaan, Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika serta toleransi dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini juga kami berharap dapat memperkuat kepercayaan diri para siswa-siswi dalam menangkal pengaruh-pengaruh negatif dari perkembangan jaman dan kemajuan teknologi saat ini, serta berpesan kepada personelnya yang berada di sepanjang garis perbatasan Indonesia – Timor Leste, “agar kehadiran mereka ditengah-tengah masyarakat dapat memberikan motivasi, menjadi solusi, memberikan pengaruh positif serta bermanfaat bagi warga perbatasan yang ada di sekeliling mereka secara langsung”, ujarnya.

Saat pelaksanaan kegiatan pembekalan Bela Negara, Serda Josua selaku Wadanpos Asumanu menyampaikan bahwa generasi muda selaku generasi penerus Bangsa diwajibkan untuk turut serta dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mengambil peran guna kemajuan Negara dan Bangsa.

Baca juga :  Lestarikan Alam, Satgas Yonif R 142/KJ Tanam Pohon Bersama Warga di Perbatasan

Hal ini dilakukan Serda Josua selaku Wadanpos Asumanu dalam memberikan semangat serta motivasi kepada siswa-siswi SMPN Duamanu selaku generasi penerus Bangsa.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN Duamanu bapak Maximus Bere (43) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Asumanu yang telah memberikan pembekalan kepada anak didiknya melalui materi Bela Negara.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Asumanu, anak didik kami sangat tertarik dengan materi yang disampaikan, harapan kami semoga berdampak pada karakter dan sikap yang kuat terhadap Bangsa dan Negara sehingga mereka dapat meraih cita-citanya setinggi mungkin,” ujar Bapak Maximus Bere.

Terpisah, Sertu Teguh Riadi selaku Danpos Asumanu mengucapkan terima kasih atas partisipasi yang telah ditunjukkan oleh siswa-siswi SMPN Duamanu serta kepercayaan yang telah diberikan oleh pihak sekolah.

“Saya mewakili Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ mengucapkan terima kasih atas semangat dan kepercayaan yang telah diberikan oleh lembaga pendidikan kepada kami khususnya pihak SMPN Duamanu,” tandasnya. (penremgapu)

Share :

Baca Juga

Yonif 142

Satgas Yonif Raider 142/KJ Mendapat Kunjungan Dari Dankolakops Pamtas RI-RDTL

Yonif 142

Hadapi Natal dan Tahun Baru 2020, Satgas Yonif R 142/KJ Bersihkan Gereja bersama Warga

Yonif 142

Cegah Kegiatan Ilegal di Lintas Batas, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Lakukan Pemeriksaan

Yonif 142

Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Rutin Mengecek Keluar Masuk Pelintas Batas di Pos Motaain

Yonif 142

Gunakan Vicon, Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142 Terima Arahan Dari Asops Kasdam II/Swj Terkait Wabah Pandemi Covid-19

Yonif 142

Pererat Hubungan Dengan Tokoh Agama, Pos Motaain Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Silaturahmi Dengan Ketua KUA Atambua

Yonif 142

Pupuk Rasa Persatuan, Satgas Yonif Raider 142 Gotong Royong Bersihkan Jalan Bersama Warga Perbatasan

Yonif 142

Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif R 142/KJ, Lakukan Karya Bakti Dalam Rangka Memperkokoh Kemanunggalan TNI – Rakyat di Perbatasan