LIVE TV
Danrem 042/Gapu Minta Perusahaan Tegas Dalam Penanganan Karhutla Danrem 042 Gapu Hadiri Rapat Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi Wabup Muaro Jambi Buka TMMD 110 Kodim 0415/BTH Brigjen TNI Zamroni : Menjadi Pemimpin Itu Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan Danrem 042 Gapu Hadiri Pelantikan Bupati Tanjab Barat dan Batanghari Di Rumdis Gubernur Jambi

Home / Yonif 142

Minggu, 8 Maret 2020 - 09:09 WIB

Tumbuhkan Rasa Nasionalisme, Satgas Pamtas Bangun Tiang Bendera Di Wilayah Perbatasan

JAMBI, Anggota TNI dari Pos Fatubesi Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ bersama para guru dan siswa-siswi melaksanakan Karya Bakti renovasi pembangunan tiang bendera Sekolah Dasar (SD) Inpres Fatubesi yang berada di Desa Takirin Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

“Kegiatan Karya Bakti renovasi tiang bendera Sekolah Dasar Inpres Fatubesi tersebut dipimpin oleh Serda Ryan Nur selaku Wadanpos Fatubesi bersama anggota lainnya serta dibantu oleh siswa kelas III dan guru merupakan salah satu langkah untuk memotivasi warga di wilayah perbatasan, agar tetap bisa mencintai negaranya, utamanya para pelajar di perbatasan.

“Kami akan berikan pemahaman kepada warga disini, betapa pentingnya untuk terus mencintai negaranya”, ungkap Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/kj Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dalam rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Kab. Belu, NTT, Minggu (8/3/2020).

Lebih lanjut Dansatgas menjelaskan bahwa Kegiatan renovasi tiang bendera merupakan wujud kepedulian TNI di daerah penugasan terhadap sarana dan prasarana di lingkungan dunia pendidikan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan jiwa Nasionalisme para peserta didik selaku generasi penerus Bangsa.

“Personel kami yang berada di Pos Fatubesi mencoba untuk menumbuhkan jiwa Nasionalisme sejak usia dini kepada siswa-siswi SD Inpres Fatubesi melalui berbagai macam upaya, salah satunya berupa Karya Bakti renovasi pembangunan tiang bendera, yang mana setiap hari senin sarana ini digunakan untuk upacara penaikan bendera Merah Putih,” ungkapnya.

Baca juga :  Putus Penyebaran Covid-19, Yonif 142 Semprot Cairan Disinfektan di Mako Satgas Pamtas

“Karya Bakti renovasi pembangunan tiang bendera sendiri dikerjakan dalam waktu 2 hari dengan ukuran lantai 2X2 meter serta tinggi tiang 4 meter, dan melalui pengerjaan pembuatan pondasi, penyemenan, pemasangan keramik serta pengecatan,” ucapnya.

“Melalui upaya-upaya seperti ini, kami berharap dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air yang kokoh serta mempertebal jiwa Nasionalisme kepada siswa-siswi, khususnya pada saat pelaksanaan upacara bendera Merah Putih setiap hari Senin,” imbuhnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di daerah penugasan mengambarkan bukti kedekatan Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ bersama seluruh lapisan masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, pengabdian yang diberikan oleh Pos Fatubesi pada dunia pendidikan merupakan peran serta TNI untuk mendukung program Pemerintah dalam mencerdaskan generasi penerus Bangsa.

“Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, kami berharap dapat mempererat hubungan tali silaturahmi dan persaudaraan yang telah terjalin dengan baik selama ini, sehingga akan terwujud kemanunggalan TNI – Rakyat yang kokoh di tapal batas, karena kami sangat menyadari bahwa rakyat merupakan ibu kandung TNI,” imbuh Letkol Inf Ikhsanuddin lebih lanjut.

Setelah selesai Karya Bakti renovasi pembangunan tiang bendera, Daufan (9) salah seorang murid kelas III menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Fatubesi.

“Terima kasih bapak TNI karena telah memperbaiki tiang bendera ini, kami ingin seperti bapak TNI,” ucap Daufan dengan bangga.

Sementara itu, Bapak Mikhel Eduk (41) selaku Kepala Sekolah SD Inpres Fatubesi juga turut menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan tenaga yang telah diberikan oleh Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ.

Baca juga :  Anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bersama Warga Evakuasi Korban Terjatuh ke Dalam Sumur

“Saya mewakili Sekolah Dasar Inpres Fatubesi mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah peduli untuk memberikan bantuan tenaga dalam renovasi tiang bendera di sekolah yang kami cintai ini, semoga bapak-bapak TNI selalu diberi kesehatan dan keselamatan hingga selesai penugasan,” ungkap Bapak Mikhel Eduk.

Diwaktu yang sama, Pratu Toni Wijaya salah seorang personel Pos Fatubesi yang turut serta dalam kegiatan Karya Bakti renovasi pembangunan tiang bendera menyampaikan tanggapan tentang kegiatan Binter Satnonkowil dibidang pendidikan yang ada di Desa Takirin.

“Dengan kehadiran kami di tengah-tengah pelajar, diharapkan dapat meningkatkan jiwa cinta tanah air, Nasionalisme dan menambah motivasi adik-adik sekalian dalam menuntut ilmu yang setinggi-tingginya,” ucap Pratu Toni Wijaya.

“Kami menaruh harapan besar, agar anak-anak yang ada di wilayah perbatasan untuk tidak segan-segan dalam meminta bantuan kepada kami, khususnya dibidang pelajaran tambahan,” tambah Toni wijaya.

Terpisah, Sertu Angga selaku Danpos Fatubesi menyampaikan tanggapannya atas kegiatan yang dilakukan oleh rekan-rekannya dalam memberikan bantuan tenaga pada kegiatan Karya Bakti renovasi pembangunan tiang bendera di Sekolah Dasar Inpres Fatubesi.

“Sebagai personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia – Timor Leste, semua yang kami lakukan merupakan tugas dan kewajiban sebagai prajurit TNI untuk rakyat, Negara dan Bangsa,” tandas Angga. (penremgapu)

Share :

Baca Juga

Yonif 142

Peduli Warga di Tapal Batas, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Bagikan Baju Layak Pakai

Yonif 142

Atasi Permasalahan Sosial Ekonomi Warga Perbatasan, Satgas Yonif Raider 142/KJ Bantu Warga Bercocok Tanam

Yonif 142

Ditengah Wabah Corona, Satgas Yonif R 142 Lakukan Fogging Untuk Mencegah Demam Berdarah

Yonif 142

Waspada Narkoba, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Beri Penyuluhan Di Sekolah

Yonif 142

Terkait Wabah Covid -19, Satgas Yonif Raider 142 Perketat Pengamanan Perbatasan

Yonif 142

Tingkatkan Perekonomian Rakyat, Satgas Yonif Raider 142/KJ Ajari Warga Perbatasan Bikin Peyek

Yonif 142

Wujud Kepedulian Terhadap Dunia Pendidikan, Satgas Yonif R 142/Kj Perbaiki Sarana Bermain PAUD Matahari

Yonif 142

Wujudkan Toleransi untuk Perkokoh Persatuan Bangsa, Satgas Yonif R 142/KJ Serahkan Bantuan Alkitab dan Bendera Merah Putih di Gereja Katolik Tapal Batas