oleh

Wujudkan Pembinaan Teritorial Satnonkowil, Satgas Yonif Raider 142/KJ Resmikan Rumah Layak Huni Ke – 3 Di Desa Dafala

BELU. korem042gapu.mil.id – Personel Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ melaksanakan penyerahan rumah layak huni ke-3 milik Bapak Agustinus Lao warga Dusun Webua A Desa Dafala Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu NTT disertai kegiatan Khitanan Massal, pembagian bantuan Sembako dan pengobatan gratis.

Kegiatan ini dihadiri oleh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas Pamtas Yonif R 142/KJ, Wadan Satgas Yonif R 142/KJ Kapten Inf M. Riduaan, Camat Tasifeto Timur Bpk. Vinsensius I. Moruk, ST, Kapolsek Tasifeto Timur AKP I Ketut Ray Artika, SH, Danramil Tasifeto Timur Kapten Inf Alexander Bessye, Kepala Puskesmas Tasifeto Timur Bpk. Dion Leki, S.Km, Kepala Desa Dafala Bpk. Leonardus Kehi, serta tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat setempat.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan tugas dibidang Pembinaan Teritorial Satuan Non Kewilayahan (Binter Satnonkowil), disamping tugas pokok kami dalam mengamankan wilayah perbatasan RI-RDTL yang berada di Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur,” ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

“Kami memilih sasaran ini, karena pertimbangan kami rumah milik Sdr. Agustinus Lao (48) sudah tidak layak huni, seperti tiang-tiang rumah yang hampir roboh, dinding rumah berlubang dan atap rumah berupa seng telah bocor,” paparnya.

“Pelaksanaannya sendiri kita lakukan terhitung mulai tanggal 23 Oktober 2019 hingga 08 Desember 2019,” tegasnya.

Selain penyerahan rumah layak huni, Satgas Yonif R 142/KJ juga menyiapkan alokasi khitanan massal sebanyak 200 orang, dalam rangka meringankan beban kesulitan masyarakat.

Disamping itu Satgas Yonif R 421/KJ juga menyiapkan sembako sebanyak 200 paket yang akan diberikan kepada warga masyarakat yang sangat membutuhkan atas pertimbangan kesulitan ekonomi, sehingga diharapkan bantuan yang diberikan memang benar-benar bermanfaat dalam membantu meringankan beban kesulitan warga di wilayah perbatasan.

Dibidang kesehatan, Satgas Yonif R 142/KJ telah menyiapkan pelayanan pengobatan gratis sebanyak 250 orang, yang mana diharapkan pengobatan gratis ini dapat mengatasi permasalahan kesehatan di lingkungan warga perbatasan, mengingat jarak tempuh dari rumah warga menuju Puskesmas yang relatif jauh.

“Dalam kegiatan ini, kami juga menampilkan kerajinan tangan dari tiap-tiap pos jajaran Kompi Tempur III berupa celengan buah maja, sendok centong nasi, miniatur-miniatur rumah, pesawat, bingkai foto dari kayu, tas dari rajutan bungkus rokok, vas bunga serta piring & cangkir dari bambu, sehingga diharapkan dapat memotivasi warga masyarakat untuk meningkatkan perekonomian rumah tangga,” imbuh Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Atambua (16/12/2019).

Ditempat yang sama, Bpk. Agustinus Lao (48) menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Satgas Yonif R 142/KJ yang telah membantu sehingga tempat tinggalnya menjadi layak untuk dihuni.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif R 142/KJ khususnya bapak TNI yang bertugas di Pos Dafala, telah membantu kami dalam mendapatkan rumah yang nyaman, semoga bapak TNI sehat selalu dalam melaksanakan tugas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapten Inf Nurmansyah selaku Danpos Dafala menyampaikan tanggapannya atas kegiatan penyerahan rumah, sunatan massal, pembagian Sembako dan pengobatan gratis yang telah dilaksanakan di desa binaannya.

“Kegiatan ini merupakan aplikasi wujud pengabdian tugas dibidang Binter Satnonkowil, disamping tugas pokok kami dalam menjaga wilayah perbatasan, apa yang telah kami berikan semoga bermanfaat untuk warga di perbatasan, karena kami yakin TNI akan kuat bersama Rakyat,” tandasnya.(penremgapu)

Komentar

Berita Terkait